Minggu, 10 April 2011

7 ROH ALLAH


1.   Pendahuluan
Ke 7 Roh Allah bukan berarti bahwa Tuhan memiliki 7 Roh, melainkan angka 7 berbicara sempurna. Adapun ke 7 Roh Allah berbicara tentang kelengkapan kuasa Roh Allah yang bekerja. Berarti bahwa ke 7 Roh Allah berbicara kelengkapan kuasa dan pekerjaan Roh Allah yang sempurna.
  
2.   Kelengkapan 7 Roh Allah
  Dalam Perjanjian Lama ada 7 Roh yang beroperasi (Yes.11:2 dan 4:4), yang menggambarkan kelengkapan kuasa Tuhan, yakni :

a.    Roh hikmat
b.   Roh akal / pengertian
c.    Roh bicara / nasihat
d.   Roh kuat / keperkasaan
e.    Roh pengetahuan / pengenalan dan takut akan Tuhan
f.     Roh hukum / mengadili
g.    Roh penunuan/membakar

3.   7 Pelita berpasang (7 Obor menyala),
7 pelita yang terpasang diarasy itu, yaitu ke 7 Roh Allah (Wah.4:5). Berpasang berarti menyala terus menerus. Ini mempunyai pengertian bahwa Roh Kristus bekerja terus, seperti Bapa dan Yesus bekerja terus sampai sekarang (Yoh.5:17).  Ke 7 pelita berbicara kaki dian dalam Tabernakel yang mempunyai 7 pelita. Apabila ke 7 pelita itu menyala di arasy Tuhan maka Arasy dan ke 4 zat yang hidup serta 24 ketua-ketua akan tampak. Tapi kalau tidak menyala maka Arasy dan ke 4 zat yang hidup serta 24 ketua-ketua tidak akan tampak.
Dalam Bait Allah (tabernakel), apabila kaki dian dan pelita yang ada di atasnya menyala, maka akan nampak apa yang terdapat dalam ruang suci. Adapun alat-alat dan lainnya yang kelihatan jika kaki dian menyalah dalam ruang kudus adalah :
a.    Meja roti pertunjukan
Nampak perhubungan Allah melalui Firman dan Perjamuan Suci
b.   Mezbah dupa
Nampak kehidupan sembayang dan penyembahan yang teguh.
c.    Pintu kemah dengan 5 tiang
Pemandangan heran atas baptisan Roh dan kepenuhan Roh
d.   Tirai bait Allah
Rahasia tubuh Kristus yang dirobek, nampak kemuliaan Allah
e.    Papan jenang
Nampak tali cinta persaudaraan antara anak-anak Tuhan
f.     Kain penutup/tudung selimut
Nampak/nyata perlindungan Tri Tunggal Allah.
g.    Pasir dibawah kaki.
Nampak kemenangan atas dunia oleh kehidupan iman yang kuat.

Bait Allah adalah pribadi jemaat/gereja Tuhan. Bagi Gereja Tuhan yang kaki diannya menyala dan dalam setiap kaki dian itu mempunyai 7 pelita, berarti Roh Tuhan bekerja sempurna dalam sidang tersebut.  Perhatikan jika Roh Kudus turun dan berdiam dalam setiap kehidupan jemaat/gereja yang hidup, Roh Kudus akan tinggal bersamanya selamanya dan Roh kudus akan berkerja aktf pada setiap pribadi tersebut, selama pribadi itu mengagungkan Roh Kudus dan pekerjaan Roh Kudus. Adapun pekerjaan Roh Kudus dalam sidang jemaat adalah :
a.    Karunia perkataan hikmat
b.   Karunia perkataan marifat
c.    Karunia kuasa iman
d.   Karunia kuasa kesembuhan
e.    Karunia kuasa mujizat
f.     Karunia nubuat
g.    Karunia lidah
h.   Karunia mengartikan makna lidah
i.     Karunia membedakan segala roh.

4.   Anak Domba yang Tersembelih, yang bertanduk 7
·         Seekor anak domba seperti sudah tersembelih rupanya, yang bertanduk 7 dan bermata 7, yaitu ke 7 Roh Allah (Wah.5:6). Tuhan Yesus yang bersifat lemah lembut dan penurut dibayangkan dengan domba yang tersembelih, Yoh.1:29, Wah.13:8. 
·         Setelah Yesus disalibkan dan kemudian bangkit pada hari yang ke 3 dengan tubuh kemuliaan, tetapi tetap memakai tanda penyaliban yaitu bekas lubang paku ditangan dan kaki.  Karena itu bila dalam penglihatan terlihat Tuhan Yesus tanpa bekas lubang paku di tangan dan kaki berarti itu bukan Tuhan Yesus, karena iblis bisa meniru dan memberi penglihatan pada kita.
·         Karena itu syarat untuk dapat penglihatan adalah hidup suci dan penuh perdamaian, Ibr.12:14.  Apabila syarat ini diamalkan maka setan sukar memberikan penglihatannya dan menipu kita.
·         Nampak Tuhan Yesus mempunyai 7 tanduk, ini berbicara tentang kuasa yang sempurna. 7 Roh Allah yang sedang beroperasi di seluruh bumi, ini menunjukkan Tuhan Yesus yang telah menerima dari Bapa, Roh Suci yang tiada terbatas kerjanya dan bekerja sempurna. Karena itu Tuhan Yesus dapat mengajar dan memerintah orang di bumi dengan kuasaNya.

5.   Kesimpulan
Ke 7 Roh Allah adalah berbicara Roh Suci yang sempurna, yang dari pada Bapa dianugrahkan pada Tuhan Yesus selama di bumi, dan selanjutnya dianugrahkan pada Gereja Tuhan, supaya gerejaNya dapat memiliki kuasa untuk :
·         Kuasa  mengajar dengan dengan sempurna,
·         Kuasa iman, mujizat dan kesembuhan,
·         kuasa untuk dapat memandang dan berbicara dengan Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sampaikan pertanyaan, tanggapan atau komentar anda jika diberkati, dan informasikan kepada saudara yang lain.